Benjolan di Payudara Karena Menyusui

Banyak customer Ace Maxs yang bertanya kepada kami, Ace Maxs bisa nggak sih untuk menyembuhkan benjolan di payudara karena menyusui?

Sebelum saya jawab, saya jelaskan dulu ya kenapa banyak ibu-ibu yang menyusui mempunyai benjolan yang keras, sakit, kadang bikin meriang / panas dingin.

Benjolan di Payudara saat ibu dalam proses menyusui sebenarnya bukan penyakit berat yang harus dikhawatirkan, bukan pula kanker atau tomor. Benjolan itu karena saluran ASI tersumbat karena asi tidak dikeluarkan / tidak disedot oleh bayi. Bahasa medisnya adalah Mastitis (Radang Kelenjar Susu).

Saya sempat mengalami mastitis atau pembengkakan pada payudara saat terlambat memberikan ASI kepada anak saya yang saat itu berumur 1 tahun. Sakitnya minta ampun deh,, kadang bikin meriang / demam. Mastitis berbeda dengan saluran tersumbat, karena saluran tersumbat bukanlah infeksi, sehingga tidak perlu diobati dengan antibiotik.

Solusi mengobati payudara yang bengkak akibat menyusui.

Berikut adalah tips yang sudah saya praktekan sendiri saat mengalami mastitis.

  1. Kompres dengan air hangat pada bagian yang bengkak.
  2. Teruskan menyusui pada bagian yang sakit. Memang saat disedot bayi akan terasa sakit, tetapi sesungguhnya itu proses untuk mengosongkan payudara agar kempes dan tidak bengkak lagi.
  3. Jika bayi tidak menyusui, keluarkan ASI menggunakan pompa asi.
  4. Istirahat sambil terus menyusui bayi anda.

Apabila cara di atas sudah dilakukan semua, biasanya sakit karena payudara bengkak ini berlangsung paling lama 3 hari.

Semoga cara tersebut membantu.

One thought on “Benjolan di Payudara Karena Menyusui

  1. Bayiku sudah setahun. Dia tidak mau menyusui lagi. Karena lebih suka dengan susu lagtogen. Sejak usianya 9 bulan sudah mulai jarang menyusui asi, Sekarang rasa nyeri payudaraku terus terjadi, lalu saya sedot dgn pompa asi, keluarlah nanah, darah merah n benjolan besar di payudaraku serta air bening. Karena sakit saya takut sedot bengkaknya tambah besar. Tolong dijelaskan dok, gimana jalan keluarnya. Tambah sakit rasanya. Saya udah beli 1 btl ace maxs dari kota padeglang, tapi belum sembuh juga. Gimana yah?????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *